Saturday, January 3, 2009

Logo (by Freddy Sinurat)

- Extract of original post by Freddy Sinurat to SMANSA90 mailing list on 13 December, 2008, 10:45 AM -

Gambar tangan bersalaman sudah jamak digunakan sebagai logo sabun batangan (cap "Salam") yang dulu pernah populer di tahun 70an. Sangat tidak enak kalau nantinya kita malah dikira kumpulan penggemar sabun batangan yang sudah almarhum itu atau malah dimusuhi oleh penggemar sabun batangan cap "Telepon", kompetitor sabun cap "Salam".

Siluet beberapa orang berangkulan satu sama lain sudah digunakan oleh rokok "Hero" produksi pabrik rokok STTC Siantar yang juga pernah populer zaman dulu (tahun 70an). Siluet itu, oleh warga Medan kemudian malah diplesetkan menjadi "5 Jahanam", sesuai dengan jumlah orang yang berangkulan pada logo rokok "Hero" itu.

Siluet empat orang, dua orang tinggi mengapit dua orang pendek, sudah digunakan sebagai logo KB (Keluarga Berencana).

Sedangkan siluet dua orang yang berangkulan - dalam berbagai varian - biasa digunakan oleh klub homoseks dan lesbian. Logo ini bila dipasangkan di jaket atau sebagai sticker akan membuat pemakainya diduga sebagai homoseks dan beresiko diburu oleh para homo.

Jari yang berkait biasa digunakan sebagai simbol / kode ajakan ML. Jika dipasangkan di jaket maka para penggunanya dituntut untuk membuktikan kemampuan seksualnya, kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja, dan beresiko dikejar oleh para hyperseks dan penikmat seks bebas.

Dan Brown membuat pembaca novelnya terperangah setelah mengetahui makna dari berbagai simbol, sebagian diantara simbol itu sangat terkenal, dan ternyata memiliki makna yang spesifik untuk kelompok dan tujuan tertentu. Jadi berhati-hatilah dalam mendesain simbol. Mungkin karena alasan kehati-hatian - karena tidak ingin menimbulkan persepsi yang negatif terhadap simbol - maka banyak organisasi (bisnis dan sosial) tidak menggunakan simbol, cukup dengan tulisan nama organisasi saja namun dengan karakter (huruf) yang didesain secara khusus.

Salam,
Freddy

- Blog Admin post notes -
Dicuplik dari komentar Freddy Sinurat mengenai Logo untuk alumni SMANSA90, very funny..

No comments: